DI BIKIN BAPER SAMA “BUNGA PENUTUP ABAD”

Written by ,
DI BIKIN BAPER SAMA “BUNGA PENUTUP ABAD”

Insan muda, mungkin kamu sering liat aksi Reza Rahadian, Chelsea Islan, Lukman Sardi bahkan Happy Salma di layar lebar. Aktor dan aktris ini ternyata ga Cuma jago akting di depan kamera. Mereka nunjukin bakat akting mereka yang keren banget ini secara live loh di pertunjukan teater, “Bunga Penutup Abad”.

Seneng banget, Tim Ardan Radio di Undang jadi salah satu tamu di pertunjukan ini. Tepatnya, Kais 9 Maret 2016, di teater tertutup Teater Tertutup DTaman Budaya Jawa Barat. Pertunjukan “Bunga Penutup Abad” ini, Berdurasi 2 jam tapi, gak kerasa banget, karena alur dan ceritanya yang bikin baper. Pertunjukan ini sebenernya di adaptasi dari Buku yang berjudul, “Anak-anak Bangsa” Karya Pramoedya Ananta Toer, yang di visualisasikan dalam teater oleh sang sutradara yaitu Wawan Sofwan.

20170309_203306

Sedikit deh, kita certain tentang “Bunga Penutupan Abad” ini. Settingnya sendiri di ambil saat zaman colonial Belanda, di Surabaya. Berawal dari, Minke (Reza Rahadian) dan Nyai Ontosoroh (Happy Salma) yang keliatan gundah akan nasib Annelies (Chelsea Islan) yang dikirim ke Belanda atas perintah pengadilan Hindia Belanda. Nyai Ontosoroh adalah ibu kandung dari Annelies, seorang gadis Indo, hasil perkawinan perempuan pribumi dan pria Eropa.

Yang kerennya dari pertunjukan ini adalah, Alur ceritanya yang maju-mundur. Yang bikin penonton menebak-nebak jalan ceritanya selanjutnya. Mantep banget sih ini, udah kaya film. Ditambah banyak adegan lucu nya juga. Jadi tidak membosankan.

Ardan radio, juga mau acungin jempol untuk para pemain yang main disana, karena totalitas banget sama karakter yang dibawainnya. Misalnya, Reza Rahadian dan Happy Salma yang tampil memukau dengan aksen Jawa. Juga, Lukman Sardi yang berperan sebagai Jean Marais, seorang pensiunan tentara yang pincang dan beralih profesi menjadi pelukis, ditambah harus ngomong, Logat Prancis juga. Waah! Amaze sih sama akting nya mereka!!

20170309_204442

Bunga Penutup Abad ini, sebenernya sudah di tampilkan di kota-kota besar sebelumnya, dan tahun ini di Bandung. Kalo Teh Happy Salma bilang, Pertunjukan di Bandung ini sukses dan dia puas banget!! Semoga ini jadi trigger untuk drama panggung lainnya, untuk pentas dan memotivasi juga kreatifitas insan muda!