Hammersonic Festival Is Back !

Written by
Hammersonic Festival Is Back !

Dengan mengusung tema ‘Metal Veva Jaya Mahe’ yang di ambil dari bahasa Sansekerta yang  bermakna ‘Di metal kita berjaya’ membuktikan Hammersonic Festival tetap menjadi festival musik metal terbesar di Asia Tenggara.

 

Berbeda dengan tahun lalu, kali ini Festival Hammersonic 2018 di adakan di Ancol Carnaval Beach dengan 3 stage yang berada di satu area outdoor secara bersampingan. Hammer stage, Sonic stage, dan Main stage, Hammer dan sonic stage menyatu di satu area dan dipakai secara bergantian oleh line up lokal seperti Saint loco, Noxa, Marjinal, Koil dan juga beberapa band-band luar yang terbilang masih cukup baru, dan disebelah kiri Hammer dan Sonic stage ada Empire stage atau Main stage yang dibuat sangat besar dan megah Sehingga Empire stage tersebut merupakan Empire stage terbesar di Asia dan dipakai oleh headliners seperti Brujeria, H20, Escape the Fate, Dead kennedys,dan In flames.

Tim Ardan radio bergerak cukup pagi dari Bandung menuju Jakarta tepatnya di Ancol Carnaval  Beach agar tidak ketinggalan menyaksikan lineup Hammersonic Music Festival 2018.

Di sambut dengan cuaca yang begitu terik membuat insanmuda yang hadir pada saat itu semakin bersemangat untuk menonton band yang sudah di tunggu-tunggu. Sekitar 38 band di hadirkan dari seluruh penjuru bumi berhasil memberikan penampilan terbaik mereka. Tidak kalah dengan lineup luar, band asal Indonesia sendiri tampil sangat memukau. Nama besar seperti Marjinal, Down For life, Tcukimay, Noxa, Saint loco, Forgotten, koil, dan Deadsquad sangat berhasil menunjukan taringnya sebagai band yang memilik jam terbang yang sangat tinggi.

Processed with VSCO with c4 preset

Semakin sore semakin memanas, Brujeria. Unit extreme metal yang berasaldari Mexico yang sangat di tunggu-tunggu tampil lebih awal dan berhasilmenutup sore pada hari itu dengan sentuhan mexican extreme metal yang membuat moshpit pun tidak tertahankan. Keperluan untuk Sholat, Makan, dan toilet pun sudah di sediakandan di tata secara rapih danbersih di satu area yang sama dan tidak begitu jauh dari panggung sehingga insane muda tidak akan ketinggalan 1 band pun. Setelah break maghrib dan makan malam giliran Legenda musik hardcore amerika yaitu H2O tampil menggetarkan panggung utama, terlihat semua insane muda berlarian untuk berkumpul di panggung utama bernostalgia bersama H2O. Banyak lagu lama yang di bawakan oleh H2O seperti 5 Yr.Plan, what happened?, One life one change dan seperti janji Toby Morse H2O akan tampil maksimal pada hari itu, bisa di bilang H2O merupakan band yang paling excited untuk tampil di Hammersonic 2018, dipanggung Toby Morse mengucapkan terima kasih kepada insanmuda yang telah hadir yang rela menempuh jarak begitu jauh untuk menyaksikan H2O. Secara sound dan set list H2O sulit untuk di lupakan malam itu dan selalu ada teriakan ‘’we want more, we want more” untuk H2O.

 

Insan muda yang menggemari musik emo/post hardcore berhasil dipuaskan oleh penampilan Escape The Fate. Tampil cukup energik, Craigg Mabbitt vokalis dari Escape The fate membuktikan kalau Escape The Fate layak mendapat tempat di Hammersonic 2018.

Processed with VSCO with c7 preset

Sementara dipanggung  Hammer danSonic stage secara bergantian penampilan dari band Indonesia seperti forgotten membuat circle moshpit semakin membesar dan memanas. Rundown yang rapih dan baik memudahkan insane muda untuk berpindah dari satu stage ke stage lainnya untuk menyaksikan band selanjutnya.

 

Dead Kennedys.. Dead Kennedys.. teriakan dari insanmuda yang sudah tidak sabar untuk menyaksikan band Punk yang sangat melegenda itu. Walaupun sudah tidak di perkasai oleh Jello Biafra (vokalispertama) Dead Kennedys tetap tampil luarbiasa. Sound gitar East Bay Ray yang begitu khas membuat insanmuda yang hadir pada saat itu lepas kendali dan bernostalgia meyanyi bersama. Setelah Dead Kennedys ada gempuran secara bergantian di panggung  Hammer dan Sonic. Koil dan Hellcrust memberikan sajian music rock yang berkelas dan selalu ada kejutan dari koil, otong menyanyikan lagu selamat ulang tahun kepada salah satu insanmuda yang sedang berulang tahun dan memberikan gitarnya yang di lempar dari atas panggung dan berikan kepada insane muda yang berulang tahun. Sementara itu Ihsahn bersiap-siap dipanggung utama, setelah Hellcrust menyelesaikan pestanya di panggung Sonic tanpa berbasa basi Ihsahn mempersembahkan musik black metal dan membuat panggung utama terasa begitu panas, insanmuda yang sudah menanti-nanti unit black metal asal Norwegia ini pastinya sangat terpuaskan dengan penampilan yang  begitu maksimal. Setelah Ihsahn membakar panggung utama kini gilaran Headliner utama Hammersonic 2018 yang akan menunjukan taringnya di Empire stage yang semakin malam semakin terlihat begitu megah, namun sebelum penampilan dari headliner utama ada band tanah air yang terkenal dengan tempo yang begitu cepat dan suara distorsi yang  berkelas internasional, Deadsquad. Stevi item dan teman-temanya seperti tidak memberikan sedikit pun insanmuda waktu untuk bernafas dipanggung Hammer, walaupun bermain dengan durasi tidak begitu lama, tetapi Deadsquad berhasil memberikankesan yang tidak bisa di lupakan di Hammersonic festival 2018.

Processed with VSCO with c7 preset

In flames adalah salahsatu band melodic dead metal paling disegani di eropa, Jam terbang yang cukup tinggi dan di dukung dengan tim produksi yang begitu baik membuat In flames terbungkus megah dan bereputasi sangat baik di kanca musik metal dunia sehingga sangat layak menjadi Headliner utama di Hammersonic Festival 2018.

 

Tampil dengan formasi lengkap dan susunan lagu yang sangat dinamis membuat insanmuda masuk dalam dinamika lagu per lagu yang di persembahkan oleh In flames yang juga berhasil menutup Hammersonic Festival 2018 dengan kemegahannya. Penonton yang cerdas, panitia  yang sigap dan band yang professional bekerja sama dengan baik membuat Hammersonic Festival 2018 berjalan lancar, aman, danseru.

Processed with VSCO with c7 preset

Sampai jumpa di Hammersonic Festival 2019, kira-kira tahun depan ada kejutan apalagi yah ? hehe.. Ardan Radio for Hammersonic festival 2018.