HARI ANGKLUNG SEDUNIA!

Written by
HARI ANGKLUNG SEDUNIA!

Inget gak sih jaman-jaman waktu kita SD dulu, pasti pernah deh nyentuh alat musik yang satu ini. Cara mainin alat musik ini cukup di goyangin aja (alatnya ya, Jangan kamu nya hehe). Alat musik yang terbuat dari bambu ini bernama Angklung.

Dan tau gak sih? Angklung tuh udah jadi warisan budaya bangsa yang diakui sama dunia, loh. Tahun 2010, tepatnya tanggal 16 November, angklung ditetapkan sebagai Karya Budaya Tak Benda dan Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Oleh karena itu, Hari Angklung Sedunia diperingati tanggal 16 November.

Banyak performance angklung yang sekarang di combine sama alat musik modern dan menghasilkan pertujukan yang cool & lovely bahkan sampai memecahkan rekor dunia. Mungkin keindahan dari angklung inilah yang bikin banyak warga asing juga mempelajari cara memainkan alat musik tradisional Jawa Barat ini. dan Bandung adalah salah satu tujuan dari wisatawan asing itu untuk mencari tahu tentang angklung!

Di Indonesia, tepatnya di Bandung, Ada sebuah tempat bernama Saung Angklung Udjo. Saung Angklung Udjo ini, didirikan sejak tahun 1966 oleh Mang Udjo, alias Udjo Mangalena, seniman angklung yang sudah akrab dengan alat musik ini sejak dia berumur 4 tahun. Mang Udjo mendirikan Saung Angklung Udjo, untuk melestarikan seni dan budaya tradisional Sunda.m

Tuh Mang Udjo aja masih loh melestarikan budaya, kita sebagai generasi muda jangan sampai kalah semangat ya! Yuk Insan Muda, kita sama-sama lestarikan seni dan budaya bangsa.

Selamat Hari Angklung Sedunia! 🙂