INSTAGRAM, KEREN APA LEBAY?

Written by
INSTAGRAM, KEREN APA LEBAY?

IKalo gue bilang sih, Instagram itu tuh satu aplikasi yang otomatis kamu buka, padahal gatau mau ngapain. Buat sebagian orang, Pas pegang handphone dan buka kunci, yang di pilih pertama buat di buka pasti Instagram. Terus scroll dan liatin foto orang-orang, video, stories, sampe comment. Kenapa yah?

Nah, Buat user Instagram, kamu juga harus tau nih sebenernya Instagram itu apa sih?

Instagram sendiri pertama kali muncul tahun 2010. Dulu aplikasi hanya bisa di install di IOS saja, sampe akhirnya tahun 2012 Instagram di ambil alih oleh facebook. Instagram. Di ambil dari kata  “insta”  kependekan dari “instan”, dan “Gram” dari Telegram. seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Dan, “telegram” di ambil dari cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan Internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram merupakan lakuran dari kata instan dan telegram. (Sumber: Wikipedia)

a

Dulu ikonik Instagram itu memang mirip seperti kamera Polaroid. Dan barulah di tahun 2016, logo Instagram berubah jadi yang kita kenal sekarang.

Seiring perkembangan jaman, Banyak banget aplikasi yang hadir dengan platform yang berbeda-beda. Misalnya muncul snapchat dimana kamu post video berdurasi beberapa detik dengan filter-filter nya yang lucu. Lalu ada aplikasi Live, seperti BIGO, NONO LIVE, disamping aplikasi lain LINE, Whatsapp, dan Youtube.

Melihat peluang ini, Instagram ga diem aja. Muncul lah fitur Stories yang bisa di post di Instagram. Karena dulu, Snapchat lebih dulu. Maka orang-orang lebih sering pake istilah Snapgram ketimbang instastories. Ga cukup sampe disitu, mungkin kamu pernah nih bikin snapchat pake filter “Anjing dengan lidah” di save terus posting nya di instastories (hahaha) dan kayanya sih instagram gedek sama kelakuan netizen. Dan akhirnya doi ngeluarin lagi deh filter di Instastories.

 

Fenomena Aplikasi Live kaya BIGO juga akhirnya di jadiin fitur di Instagram. Live Instagram. Bahkan sekarang udah bisa live berdua. Wah..wah.. Instagram makin-makin sih kalo gue bilang, mulai dari video timeline yang awalnya Cuma beberapa detik sekarang bisa jadi semenit, bisa post multiple images, stories kamu bisa di highlight biar tetep ada dan gak ilang 24 jam, bahkan di tahun 2018 ini muncul fitur baru lagi, IGTV, dimana kamu bisa bikin channel IGTV kamu dan bisa posting video konten kamu dengan durasi yang mempuni. Dan yang lebih gila lagi, sekarang bisa video call sama temen kamu via instagram dan bisa sampe 4 orang!

ig2

Segala fitur yang ada di beberapa aplikasi hadir di instagram. Mungkin itu jadi alasan kenapa kamu selalu buka instagram kalo lagi ga ngapa-ngapain. Sampe sekarang instagram masih menjadi 10 besar aplikasi yang di download orang-orang di dunia. Fenomena instagram itu ga berhenti sampe di fiturnya doang, bahkan isntagram se-berpengaruh itu buat jadi salah satu media buat tau informasi, news, gossip, jualan, musik, meme, video lucu, fakta unik, wah banyak lagi deh. Di tambah selebgram dan Online shop juga akun-akun yang menarik. Apalagi kira-kira yang bakal instagram kasih buat kamu. Dan menurut kamu, instagram tuh keren karena punya banyak fitur yang notabene sebenernya ada aplikasi khusus nya. atau lebay?

Oia, jangan lupa follow instagram Ardan juga ya @ardanradio dan yang nulis ini @dimasta_ hehe