The XX Really Said Something Loving di Tur Pertamanya di Jakarta

Written by
The XX Really Said Something Loving di Tur Pertamanya di Jakarta

 

The XX akhirnya menyambangi Jakarta sebagai kota pertama untuk I See You tour Asia. Para penggemar The XX tentu sudah menunggu lama akan kedatangan band satu ini mampir untuk pertama kalinya, setelah pada tur yang sama hanya menginjakkan kaki di Singapura tahun lalu. Album ketiga The XX memang diakui Romy, sang gitaris/vokalis, memiliki warna yang lebih ceria dibandingkan dengan kedua album sebelumnya. Dalam sebuah wawancara dengan CreativeDisc, Romy menyatakan bahwa ini adalah album yang paling menyenangkan untuk digarap, lebih banyak warna yang lebih “intimate”. Dengan pernyataan itu, dapat dipastikan tur album ini juga memberikan kesan yang lebih baik bagi para personilnya maupun fans-fansnya.

S__27582469

Kota Jakarta yang sempat diguyur hujan sesaat sebelum konser dimulai tidak melunturkan niat para fans untuk datang dan memenuhi Hall Jiexpo Kemayoran. Harga tiket yang tergolong murah juga mungkin menjadi salah satu alasan mengapa penampilan The XX ini sayang untuk dilewatkan.

Seperti “standar” The XX dalam setiap penampilannya, lagu pertama yang dibawakan tadi malam tentu saja “Intro” yang disambut dengan riuh tepuk tangan para penonton yang dipaksa menunggu setengah jam setelah penampilan Elephant Kind, salah satu band lokal pembuka, menyelesaikan penampilannya. Tata panggung yang megah dan ditambah dengan lighting yang memuaskan mata, seolah bersatu menjadi bagian dari penampilan dari band yang beranggotakan Romy, Oliver Sim, dan Jamie.

IMG_2335

Lagu yang mendapatkan antusias tertinggi dapat dipastikan adalah “On Hold” yang terdapat dalam Album terbaru mereka. Jamie yang juga memiliki solo project dengan nama Jamie XX membawakan lagu “On Hold” versinya yang disusul dengan versi full band. Tak lupa juga, lagu Jamie yang terdapat pada album solonya seperti “Loud Places” juga dibawakan dengan lighting warna-warni ala album covernya.

Teriakan para fans pecah begitu Oliver mencoba untuk merunduk dan memberikan mikrofon kepada penonton untuk bernyanyi bersamanya. Tak lama setelah itu, lagu “Islands”, salah satu debut The XX di 2009 silam dibawakan. Teriakan para fans? Semakin menggila!

Seperti biasa, The XX selalu memberikan “speech” di tengah-tengah penampilan mereka. Oliver sangat bersyukur akhirnya bisa mengadakan konser di Indonesia untuk pertama kali. “I love you Jakarta!” adalah teriakan Oliver yang tak mungkin membuat fans cewek-cewek gagal baper.

IMG_2333
“Thank you so much Jakarta, you’re very warm and welcoming…” kata Romy dengan aksen Britishnya. Ah, Romy, we’re the one who should thank The XX for saying something loving!